Pages

Aug 23, 2010

Kereta khusus wanita













Mulai tanggal 19 Agustus 2010, PT.KAI meresmikan gerbong kereta khusus wanita. Hal ini ditujukan untuk menghindari pelecehan seksual ketika berdesak-desakan di kereta.

Memang krl sudah menjadi alternatif transportasi bagi para commuter yang berdomisili di luar jakarta. KRL ini dibenci tapi sangat dibutuhkan. Gimana ga sebel, kalo tiap hari harus desak-desakan di dalam gerbong!!

Gw juga termasuk rombongan pengguna krl. Meskipun rumah gw di pasar minggu, yang masih termasuk jakarta selatan. Tapi kalo naik metromini bisa sampe 2 jam. Jadi mending naik krl cuma 30 menit.

Kasus pelecehan terhadap wanita memang sering terjadi di busway dan krl. Oleh karena itu, kebijakan PT.KAI dengan adanya gerbong kereta khusus wanita sangat tepat. Dalam 8 rangkaian gerbong, disediakan 2 gerbong. Satu gerbong di paling depan dan satu lagi di paling belakang.

Walaupun peresmiannya tgl 19 kemaren, tapi sampai sekarang kadang masih aja ada laki2 yg nakal masuk ke gerbong khusus cewe itu. Mungkin karena saking penuhnya gerbong-gerbong yang lain, terutama krl ac ekonomi. Kalo di kereta ekpress mungkin ga terlalu penuh jadi gerbong khusus cewek ini bisa bener2 terbebas dari cowok.

Pagi tadi gw naik di gerbong khusus cewek ini. Dasar cewek ya..kalo ada apa-apa dikit langsung pada teriak. Apalagi ibu-ibu hebring yang serasa gerbong kereta ini rumah sendiri.

Kalo keretanya berhenti mendadak...
Cewek-cewek pada teriak, "Kyaaaaaa.....!!".
Ibu-ibu teriak, "Allahuakbar....Astaghfirullah...".
Ibu-ibu hebring teriak, "Woooooiiii....ini isinya orang, bukan kambing!!"
Ibu-ibu ganjen teriak, "Masinisnya gw perkosa juga nih!!!"

Kebetulan sekarang pas bulan puasa, dan kalo pulang...di gerbong cewek ini tambah ribut. Ada yang nyetel tv di hape buat nunggu adzan maghrib. Ada yang siap2in makanan buat buka. Macem-macem deh makanan yang mereka bawa, ada kupat sayur, pempek, gorengan. Begitu adzan berkumandang, langsung deh mereka bagi-bagi makanan. Netes-netes deh tuh kuah pempek dan bikin gw ngiler...jadi besok gw berencana bawa steak hotplate aja ah...

Tapi baru-baru ini udah ada peraturan tentang larangan makan di gerbong, buka kursi lipat atau duduk di bawah, yang menurut gw bagus karena suka ada orang yg ga tau diri dan tetep aja duduk makan tempat padahal kereta penuh banget.

Mungkin masukan bagi PT.KAI adalah dengan menambah satu atau dua gerbong lagi, karena dengan hanya dua gerbong khusus cewek ini masih kurang dan lebih penuh sesak ketimbang waktu gerbongnya masih campur antara cewek cowok.

2 comments: