Pages

Aug 28, 2008

Ucapan mohon maaf

2 hari lagi bagi umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa. Semoga gw dapat menjadi pribadi yg labih baik. Ramadhan ini puasa pertama gw di jakarta. Gw hidup di jkt bulan Januari. Jadi inget waktu pertama kali ke jkt.

(Flash back mode on)
Setelah 4 bl gw dinyatakan lulus dari IT Telkom th 2007, gw nyari2 kerja tapi blm keterima jg. Masukin ke mana2 tapi ga ada yg dipanggil. Setelah sekian lama, akhirnya ada jg panggilan tes, Yg pertama kali adl tes Lintas Arta. Gw lolos di tahap psikotest. Gw seneng bgt ternyata gw masih waras...belum masuk kategori phsyco..hehehe. Setelah itu tahap wawancara user. Dan gw gagal. Begitu seterusnya sampe gw hapal soal2 psikotesnya, tapi ga pernah berhasil di wawancara. Dan lebih memalukan lg adalah gagal di tahap wawancara user. Patut dipertanyakan:
1. Apakah gw termasuk org autis
2. Apakah penampilan gw kucel
3. Apakah bhs inggris gw parah (klo yg ini sih bener)
4. Apakah tampang gw tabloid (tampang bodoh dan idiot) - klo lemot gw mengakui-
dan masih banyak lg pertanyaan di diri gw sehingga gw sampe baca buku kiat2 wawancara.

Setelah gw membaca buku itu, gw ada beberapa tips wawancara utk yg akan mencari kerja:
1. Jabat tangan yg mewawancarai anda dan ucapkan salam.
2. Jika ditanya bgm kabar anda? jawablah kabar saya baik dan bagaimana dg kabar bpk/ibu?
3. Senyum..walau tegang, jgn liatin tampang boker.
4. Jawab pertanyaan dg pede, jgn ragu2.
5. Sebelum wawancara, harus tau apa plus dan minus di diri kita
6. Yakinkan pewawancara klo anda berkualifikasi utk masuk ke perusahaan tsb

Gw ga pernah putus asa utk nyari kerja, walaupun bosen psikotes terus. Akhirnya gw sama temen gw ikut job fair di Siliwangi. Gw dengan perasaan terpaksa, akhirnya masukin jg lamaran ke software house Aprisma Indonesia utk jd programmer. Testnya walking interview. Gw ditanya ttg java, untung tugas akhir gw java. Akhirnya dengan sangat terpaksa..bapak yg mewawancarai gw meloloskan gw. Karena yg ngelamar cm sedikit kali ya...hahaha.

Bl januari gw ke jakarta. Ditemenin sm aa, gw cari kosan di daerah setiabudi. Akhirnya dapet yg agak bagus dg harga lumayan murah. Setelah masuk kerja, tiap hari gw nangis pas sampe kosan. Di kantor orangnya pinter2 tapi autis semua, kayaknya cuma ngomong sm komputer..trus sampe kosan gak ada temen...beginilah jkt, walaupun sekosan, teman di samping kanan kiri kamar gw ga ada yg gw kenal. Selama seminggu gw nangis. Hampir kepikiran utk resign, tapi gw inget papa pinjem uang utk modal gw pertama kerja di jkt. Jd klo beneran pengen resign, gw harus tahan sampe gajian.

Tapi alhamdulillah, berkat usaha dan doa, akhirnya gw keterima jg di Telkom :D
Mungkin lebih karena doa kali ya...soalnya pas wawancara gw keliatan bego bgt. Disuruh jawab pake bhs inggris, belibet bgt. Pikiran sama bibir ga sinkron.

Sekarang ud lumayan betah di jakarta...karena salary sesuai dg yg diharapkan kali ya..jdnya betah. Hahaha...gak kok, karena kerjaannya sesuai dg yg gw pengenin dan temennya asyik2.


(back to present)
Karena bentar lg puasa.. maka gw mau minta maaf lahir batin.
Marhaban ya Ramadhan...semoga kita semua diampuni dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Amin


No comments:

Post a Comment