Pages

Dec 22, 2008

I miss u mom...

Klo inget dulu waktu kecil..betapa bandelnya kita. Selalu bikin orang tua marah atau khawatir klo pergi ga bilang-bilang dan pulang malem. Disuruh beli odol di warung aja ga mau. Disuruh belajar malah main game. Disuruh ngaji malah ngacir. Tapi kedua orang tua kita tetap sabar dan sayang. Ga pernah capek ngingetin anaknya. Terutama mama...

Mama sakit diabetes pas gw masuk TK. Penderita diabetes itu kan makanannya sangat diatur. Tapi mama bandel banget...selalu pengen makan yg aneh-aneh. Pernah waktu udah sakitnya agak parah..mama minta dibeliin burger. Bahkan pas udah ga bisa jalan..mama tetep bandel.
Waktu kuliah masuk semester 2, sakitnya mama tambah parah. Diabetes komplikasi sama ginjal. Ginjalnya udah ga berfungsi, ga bisa menyaring cairan dg baik lagi. Sehingga air yang masuk ke dalam tubuh semakin menumpuk. Badan mama yg sebelumnya kurus bgt..jadi gemuk (karena cairan tersebut).Gw sedih banget liat keadaan mama kayak gitu. Udah ga bisa jalan..cuma bisa tidur di kasur. Dan kalo bergerak, kulit paha bagian bawah kan tergesek-gesek kasur jadi kulitnya mengelupas dan cairan yg ada di tubuhnya keluar lewat luka-luka itu. Sementara penderita diabetes itu klo luka susah sembuh. Gw bener-bener ga tega liat keadaan mama.


Akhirnya gw kepikiran utk cuti kuliah dulu utk meringankan biaya. Biar mama bisa berobat ke singapura. Tapi mama ga setuju.
Mama bilang, "ina ga boleh cuti..harus tetep kuliah, mama minta maaf ya..", sambil nyium tangan gw (T_T).
Terus gw bilang, "mama apaan sih ngomong gitu, harusnya ina yg minta maaf sambil cium tangan mama!!", mama cuma senyum.
Tapi anehnya mama bilang ke papa klo gw bakal cuti kuliah. Mungkin mama ga mau ngecewain papa klo mama mau berobat. Padahal mama ga mau.
Ternyata itu hari terakhir gw ketemu mama...

Pas gw ditelp teteh, mama lagi sekarat. Kayaknya langit runtuh pada waktu itu juga.
Gak tau kenapa, firasat gw udah buruk - gw takut klo mama susah perginya - gw berdoa dalam hati, "Klo mama mau pergi sekarang, ina ikhlas"
Habis itu gw telp ke rumah di solo lagi. Yang angkat papa.
Gw : "Mama gimana pa??"
Papa : "Kamu pulang aja ke Ciamis!!", dengan suara yg serak karena sambil nangis.
Gw : "Ngapain ke Ciamis pa?? ina kan bisa ke Solo..."
Papa : "Pokoknya km ke Ciamis sekarang!!", telp trus ditutup.
Gw : bengong...shock..gw yakin mama sekarang ud ga ada. Karena kuburan keluarga mama gw d Ciamis.

Trus gw langsung pulang naik bis ke Ciamis, dianterin John ke Cicaheum. Sampe rumah, gw plong karena ga ada tenda di rumah -yg artinya mama masih ada-.
Pas gw mau masuk ke rumah, om gw jemput gw. Gw diajak ke rumah bibi gw. Karena rumah gw memang paling jauh dari rumah-rumah keluarga mama yg lain.
Ternyata...tenda udah siap di rumah bibi gw, lengkap dengan perlengkapan-perlengkapannya. Gw langsung lemes. Begitu masuk ke rumah itu, gw langsung dipeluk bibi dan sepupu gw.
Dan hari itu terasa lamaaaaaaa banget.

Kalo inget semua itu gw selalu nangis. Maafin ina ma...bukannya ina ga ikhlas, tapi ina kangen bgt sama mama. Semoga mama dilapangkan kuburnya, diterima di sisi Allah SWT.

I love you ma...you always in my heart forever. You are the greatest woman i ever know. Thanx for everything ma (^_^)

Selamat hari ibu

3 comments:

  1. ugh.. jadi inget masa lalu...

    km emng anak yang berbakti...

    salut...

    ReplyDelete
  2. hehe..sepertinya km berprasangka baik padaku wan. :o hahaha... u know me lah

    ReplyDelete
  3. Asep terharu teh baca tulisan ini.http://kendhin.890m.com/emoticon/wow.gif
    tapi teh erna dah buktiin dengan sukses yang udah di raih.
    Makanya, asep minta doanya biar asep bisa sukses kek teh erna mumpung mama asep masih ada.
    :nyolong inspirasi:http://kendhin.890m.com/emoticon/senang.gif

    ReplyDelete