Pages

Jan 28, 2009

1001 Books You Must Read Before You Die

Bagi maniak buku mungkin udah tau tentang buku-buku yang wajib dibaca sebelum meninggalkan dunia fana. Sebenernya gw udah baca artikel ini agak lama, tapi baru posting sekarang.

Ada dua sumber yang jadi acuan gw, yaitu dari kutukutubuku dan arukiyomi. Gw baca list nya aja udah puyeng, banyak banget. Tapi kebanyakan belum ada terjemahan bhs indonesia. Dan sangat menyedihkan bagi gw, karena sampe umur 23 tahun belum baca satu pun dari 1001 buku tersebut.

Gw masih punya banyak pe-er. Di kosan ada buku-buku yang masih blm gw baca. Antara lain trilogi Bartimaeus, The True Power of Water, Radikus Makankakus, tetralogi Twilight dan Klan Otori. Setelah menyelesaikan pe-er gw, gw berniat mulai baca buku-buku yang masuk 1001.

Selama ini gw selalu baca buku-buku novel fiksi. Apalagi yang bergenre fantasi (dongeng negeri impian, naga, putri, pangeran, dll) karena kalo baca buku yang bahasanya rada rumit sedikit aja otak gw kudu bekerja keras. Buku fenomenal Laskar Pelangi aja gw gak tamat bacanya, tiap baca 1 halaman gw langsung ngorok, jadi gw gak beli buku lanjutannya. Buku yang dengan susah payah gw berusaha baca sampe tamat adalah buku trilogi Supernova -dan sampe sekarang gw masih bingung-.

Karena kebanyakan dari 1001 tsb ga ada terjemahan indonesianya, jadi klo beli mahal. Apalagi kalo ga ada di Gramedia, jadi harus pesen lewat Amazon. Jd gw berinisiatip baca ebook-nya aja. Emang dasar otak gratisan, jadi gw nyari dulu ebook yang gratisan. Dan gw dapet beberapa. Cuma dikit sih, tapi bagi yang mau nyoba baca ebook versi inggrisnya, silakan click di sini:

Kazuo Ishiguro
Never Let Me Go
Kafka on The Shore (yg ini ud ada terjemahan indonesia)

Ian McEwan
Atonement
Saturday

Paulo Coelho
The Devil and Miss Prym
Veronika Decides to Die

Slow Man - J.M. Coetzee
The Sea - John Banville
Life of Pi - Yann Martel
The God of Small Things - Arundhati Roy
Perfume - patrick Suskind

No comments:

Post a Comment