Pages

Jan 16, 2009

Mending sakit gigi atau sakit jiwa?

Gusi gw bengkak, gara-garanya geraham bungsu gw yang baru nongol. Nyut..nyut...sakitnya ke rahang sama ke kepala. Jadi inget kata-kata aa waktu gw sakit perut. Dia bilang, "Kalo ga mau sakit perut, jangan punya perut". Nah lho..masa gw harus ga punya gigi. Udah jelek, tambah jelek donk kalo gw ompong. :c

Waktu di kantor, iseng-iseng gw tulis di status YM gw, "mending sakit gigi atau sakit jiwa?"
Hasilnya 99,99% memilih sakit jiwa. hanya satu orang yang memilih bukan sakit jiwa, dan itu pun dia milih sakit hati. Busyeeet...segitu parahkan sakit gigi?! sampe-sampe pada milih sakit jiwa dan sakit hati. Mereka bilang mendingan sakit jiwa karena kita ga sadar kalo kita lagi sakit. Kita tetep merasa diri kita sehat. Yang lebih parah, udah sakit jiwa sakit gigi pula.

Si obi nyaranin gw kumur-kumur pake listerine biar kuman yang masuk ke gusi pada mampus. Padahal gw ga suka listerine, pedes banget! Tapi nanti gw coba deh.

Mba oche nyuruh gw cepetan ke dokter gigi. Dia bilang, "ke dokter sana, daripada nanti busuk di dalam, nanti tambah sakit dan bengkak!". Masalahnya gw takut banget ke dokter gigi. Gw ngilu ngedengerin bornya, takut duduk di kursi panas yang bisa diatur-atur sama dokternya. Tapi kalo gw ga cepet ke dokter, yang gw takutkan adalah bukan karena sakitnya, tapi bengkaknya. Muka gw udah cabie banget, kalo ditambah bengkak karena sakit gigi bisa-bisa aa ga akan mengenali muka gw lagi. :(

Trus akhirnya gw cari-cari di internet tentang geraham bungsu. Nemu deh di sini, gw jadi tambah serem. Apalagi waktu baca tentang dampaknya, yaitu :
"sakit kepala, telinga berdengung, sakit leher (gambar 2), rematik, kencing manis, gangguan jantung, dan gangguan pada kulit".
Jangan-jangan panu yang ada di tubuh gw ini gara-gara si geraham bungsu?!












Kalo udah sakit, manusia baru sadar betapa berharganya kesehatan. Terkadang kita lupa bersyukur akan nikmat kesehatan yang Allah beri. Kata Aa Gym, "walaupun kita sakit gigi, kita harus bersyukur. Karena cuma satu gigi yang sakit. Gimana kalo semua gigi sakit?!"

Dan untuk pertolongan pertama pada sakit gigi, gw mau beli laserine dulu aja. Trus mungkin ke dokter gigi. Ada yang tau caranya menghilangkan rasa takut kalo ke dokter gigi?

7 comments:

  1. aku kamis depan operasi geraham bungsu na, dua2nya dicabut.. kata temen2 dikantor segera minta maaf n buat surat warisan soalnya resiko operasi gigi itu lumayan besar. monyet tu bocah2 semua masa mreka pake acara urunan duka segala. setan..

    btw aku hampir menghabiskan sebulan gajiku untuk konsultasi ke 3 dokter di 3 RS besar di dekat sini soalnya susah nyari dokter gigi bagus n cocok buat aku, trus bersihin gigi (karang, plak, karies etc), ama scan panoramic belum lagi aku divonis wajib operasi soalnya geraham bungsuku posisinya tidur (alias posisi tumbuhnya ga bener), walopun ga sakit baik wktu tumbuh mpe sekarang takutnya ada kotoran2 yang numpuk dsana krn posisinya menyebabkan sulit untuk dibersihkan. so pada situasi inilah aku berakhir sekarang.

    aku cuman pengen berbagi cerita aja, intinya rawat tu gigi baek2. aku aja sekarang di kantor tiap habis makan siang gosok gigi, ketularan kebiasaan orang korea tepatnya. Makanya klo boleh milih mending sakit gigi daripada sakit jiwa soalnya sakit gigi masi bisa disembuhin sedangkan klo udah sakit jiwa lebih susah sembuhnya n jadi ga guna donk km hidup, cuman ngrepotin orang aja jadinya. Oia sori ga ada saran buat gigi km yang sakit itu, yang penting dijaga aja kebersihannya n tenang sakit itu bagian dari proses tumbuhnya tu gigi (tapi ga semua orang ngrasain, like me).

    by the way get well soon....

    ReplyDelete
  2. kalo milih salahsatu dari yang sama-sama gak baik mending gak usah milih keduanya.
    hahaha.
    pasti ada cara buat mecahin salahsahijina.

    ReplyDelete
  3. si wulan baru aja operasi gigi jg tuh wan! tapi dia masih hidup. Jadi klo udah positif gagal, baru aku ikut nyumbang uang duka :)
    oh ya..cuma km satu2nya yg milih sakit gigi. hahaha..

    ReplyDelete
  4. sakit gigi ya na ? katanya sih sakit gigi emang sakit yang bener bener sakit, soalnya saraf yang terlibat lebih banyak daripada saraf penyakit yang laen :@

    kapan kumpul kumpul neh ?? :(

    ReplyDelete
  5. Kayaknya geraham M1 mbak udah nggak ada ya (geraham yang letaknya nomor 2 dari geraham bungsu),mungkin bekas dicabut atau gigi yang berlubang tapi tinggal akarnya aja? kalo iya,kan sakit gara2 numbuh gi2 seharusnya tidak separah bila geraham M1 tersebut masih ada,btw itu kan fotonya geraham sebelah kiri,kalo yang kanan gimana? apa geraham M1-nya juga sudah tidak ada?

    ReplyDelete
  6. iya..yg kiri udah dicabut soalnya berlubang. Kalo yg kanan, geraham M1 nya masih ada tapi geraham bungsunya blm tumbuh. Sakitnya kemungkinan karena posisi gigi yang belum erupsi sempurna akan memudahkan makanan dan bakteri terjebak di bawah gusi yang di bawahnya terdapat gigi bungsu sehingga menyebabkan infeksi pada gusi. Sekarang alhamdulillah udah ga bengkak. Saran saya klo lagi tumbuh gigi geraham bungsu, sering2 gosok gigi dan berkumur pake obat kumur. Lebih baik lg klo diperiksakan ke dokter (tp gw ga mau)

    ReplyDelete